Saturday, September 16, 2006

Hari ke 36

Hari ini, hari ke 36 gw terapi akupungtur. Setiap malam sejak tanggal 12 Agustus lalu, gw meluncur ke Cimahi untuk menjalani terapi tersebut. Sehari sebelumnya (11 Agustus), maag gw kambuh terparah selama ini. Menurut adik ipar gw yang dokter, gw terkena sindrom meniere (awal dari vertigo?). Syaraf keseimbangan gw terganggu, gara-gara maag itu. Gw ngerasa dunia jadi goyang, seperti mau jatuh dan pingsan dan badan terasa lemas. Di saat gw ga tahan, gw sempet minta dibawa ke rumah sakit aja waktu itu. Tapi rupanya Tuhan tidak menghendaki itu, adik ipar gw keburu dateng dan memberikan beberapa obat untuk mengurangi gejala yang gw rasakan.

Keesokan harinya (12 Agustus), gw terbangun dengan badan yang masih lemes. Tiba-tiba gw teringat, sekitar satu setengah tahun yang lalu ada seorang rekan pengajar yang menyarankan untuk terapi akupungtur ketika tahu kalo gw punya maag. Terus gw juga inget rekan tersebut bercerita bahwa istri dari salah seorang rekan pengajar bisa sembuh dari meningitis (radang selaput otak) dengan terapi ini tanpa operasi. Atas dukungan suami, gw mengontak rekan pengajar tersebut yang pada waktu itu sedang berada di Surabaya. Beliau dengan senang hati memberikan alamat akupungturis yang sudah menyembuhkan istrinya. jadilah siang itu gw mulai ditusuk jarum. Pertama kali ditusuk, hasilnya sudah langsung terasa, lemesnya jauh berkurang.

Sampai saat ini, perkembangan kesehatan gw sudah cukup baik. Walaupun luka di alat pencernaan (ternyata tidak hanya lambung yang luka, tapi juga di usus 12 jari bertengger sariawan) masih ada (bisa dilihat dari masih adanya sariawan di mulut), tapi stamina sudah mulai meningkat. Gw sudah bisa olahraga (aerobik low impact sendiri di rumah) selama 45 menit hampir setiap hari dilakukan. Ke kantor juga sudah mulai dicoba, walaupun baru bisa sekitar 2 jam saja. Pusing dan lemesnya sudah jarang terasa; hanya perih dan panas di perut, kembung, radang di tenggorokan dan telinga masih suka terasa, dan makanan masih terbatas (bahkan makan kue marie pun belum bisa banyak, jadi suka pusing dan lemes).

Mudah-mudahan terapi yang sedang gw jalani berjalan dengan lancar dan berhasil, dan gw diberi kesabaran untuk menjalaninya (terapisnya bilang, untuk masalah pencernaan yaitu lambung dan usus memang agak lama). Dan tentunya bisa cepat sembuh. Amin.

No comments: