Monday, September 25, 2006

Marhaban Yaa Ramadhan...

Beberapa hari yang lalu, sebelum puasa, gw sempat berpikir (dengan sedikit sedih): "ramadhan ini bakalan ga serasa ramadhan." Kenapa? Melihat kondisi gw yang masih harus sering 'ngemil', rasanya ga mungkin ikut berpuasa. Dan membayangkan itu, gw jadi kurang bersemangat menyambut bulan suci penuh berkah ini. Mamih (ibu tercinta) menghibur: "Kamu masih bisa melakukan ibadah lain di bulan ramadhan. Bahkan berbuat ramah dan baik kepada orang, banyak terseyum, banyak bersyukur, banyak bersabar; itu juga ibadah." Selain menyebutkan tarawih, baca qur'an, baca buku keislaman, sholat berjamaah, sholat-sholat sunat, dsb. Walaupun masih dengan perasaan hampa, gw meng-iyakan beliau.

Tapi tau ga? (Ya ga lah, kan baru mau dikasih tau) Hari pertama puasa, Alhamdulillah, gw melalui dengan hati lega, bahagia, senang, dan bersemangat. Gw bisa berpuasa sampai beduk magrib tiba! Rupanya niat yang kuat, dukungan orang-orang terdekat, dan ga kalah pentingnya: tusuk jarum, membuat gw bisa berpuasa. Sehari sebelumnya, gw sempat berkonsultasi dengan akupungturis gw, dan beliau meyakinkan bahwa gw mampu berpuasa. Semoga untuk hari-hari selanjutnya gw semakin ringan menjalankan ibadah puasa tersebut. Amin.

Kegiatan tusuk jarum yang masih gw jalani setiap hari, pindah jadwal dari malam hari ke pagi hari. Jadi rutinitas pagi hari setelah saur dan sholat subuh adalah terapi ke kawasan Cimahi. Nah, seperti banyak orang bilang bahwa Ramadhan merupakan bulan penuh berkah; di saat terapi yang berlangsung setelah subuh itu pun berkah itu telah terasa. Mungkin hal yang sepele, tapi cukup membuat gw bersyukur. Gw jadi ga perlu repot-repot membawa perbekalan buat makan. Terapi di pagi hari juga membuat tubuh lebih segar dalam menjalani berbagai aktivitas di hari tersebut. Kalau hari pertama sempat diwarnai oleh agak lemes dan agak berat kepalanya. Wajarlah. Namanya juga hari pertama. Tubuh sedang beradaptasi. Jangankan yang sedang menjalani terapi seperti gw, orang yang sehat juga merasakan hal yang sama: agak lemes (at least my dear love husband felt it). Semakin siang, badan semakin enak, lemesnya hilang dan berat di kepala banyak berkurang. Jadilah sore harinya, gw beserta suami dan anak sulung gw (yang bungsu sedang agak demam, radang tenggorokan. Tusuk jarum juga deh) 'ngabuburit'.

Sekarang, hari kedua puasa, yang baru sampai jam 9.30an pagi; sedang gw jalani. Alhamdulillah lebih baik dari kemarin. Ga terlalu lemes dan kepala lebih ringan. Rencananya siang nanti gw mau ke kantor sebentar. Ah, rasanya semakin mantap dan bersemangat menjalani ibadah di bulan ramadhan ini. Semoga Allah senantiasa melimpahkan maghfiroh dan berkahnya kepada kita. Amin. Marhaban Yaa Ramadhan...

PS: Walau telat, mohon maafkan segala kesalahan lahir dan batin dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

2 comments:

Zilko said...

Hallo, salam kenal ya... . THX udah visit blogku.. :)

Aku di Unpar ambil mtk,masih semester 1... :)

Koq lama ga di-update blognya??

Leny Puspadewi said...

Zilko: Thx jg udah visit blogku. Aduh muda banget ya kamu, semester satu...mmmh...kayak apa rasanya dulu waktu aku semester 1 ya...
sebenernya udah ada draftnya buat up-date blog, tp kemarin2 sempet susah konek ke www.blogger.com. Sekarang mau dicoba lagi...:)

john neo: I'm visiting it. Thanks anyway....:)